20/04/2021

Tips Mengajar Anak Selama Pandemi Dari Rumah

Kegiatan anak – anak di Yayasan Sayap Ibu Cabang D.I.Yogyakarta sedang belajar bersama. Selama Pandemi Covid19, sistem pembelajaran anak sementara waktu harus berubah, yang biasanya anak belajar di sekolah kini harus belajar di rumah. Karena itu, peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah sangatlah penting. Tujuannya, supaya tercipta suasana rumah yang aman dan nyaman untuk anak belajar. Agar anak bisa maksimal belajar di rumah, berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara mengajar anak di rumah.

  1. Ciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan
    Terkadang anak menjadi sulit ketika harus belajar dari rumah. Bukan karena anak malas, tetapi hal ini dipengaruhi oleh suasana rumah yang bisa saja kurang nyaman untuk anak belajar. Suasana rumah yang kurang kondusif bisa mengganggu konsentrasi anak dalam belajar. Agar anak bisa semakin semangat dalam belajar di rumah, maka ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Cara mengajar anakpun juga harus menyenangkan, jangan terlalu tegang. Supaya anak bisa memahami apa yang dipelajarinya.
  2. Tanamkan Motivasi Yang Kuat
    Belajar dari rumah memang terkesan menjadi beban bagi sebagian anak, baik karena alasan jenuh, lebih enak belajar di sekolah atau lain sebagainya. Agar semangat belajar tetap terus ada, maka setiap anak harus memiliki motivasi yang kuat, tidak menjadikan aktifitas tersebut menjadi beban. Siswa dapat diajarkan untuk menamkan fikiran positif “jika ingin kembali belajar di sekolah, maka saat ini harus bersabar untuk belajar dirumah, tetap semangat, agar rantai penyebaran virus corona dapat terputus dan wabah corona segera hilang” atau mungkin dengan motivasi positif lainnya.
  3. Membuat Jadwal Belajar Harian
    Apabila anak merasa jenuh dengan aktifitas yang monoton selama belajar di rumah, anak dapat disarankan untuk membuat jadwal belajar harian. Kegiatan yang dijadwalkan bisa menyesuaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau sesuai dengan kemampuan anak. Dalam membuat jadwal atau schedule, harus tetap memperhatikan durasi belajar agar tidak menimbulkan keletihan.
  4. Tetap Menjaga Kesehatan Selama Belajar
    Rentetan tugas yang semakin hari semakin banyak, terkadang membuat anak harus belajar lebih ekstra dengan melebihi waktu atau jadwal yang telah dibuat. Demi mengejar batas waktu pengumpulan tugas terkadang anak juga mengabaikan waktu istirahat selama belajar. Padahal anak juga harus tetap menjaga kesehatan selama belajar dari rumah. Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi juga penting dilakukan. Anak juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi jajanan ringan atau camilan selama belajar. Hal ini sangat membantu dalam menjaga konsentrasi si anak.